Friday, November 7, 2014

WAKTU YANG BERKUALITAS BERSAMA KELUARGA



Apakah kamu pernah membaca komentar dari orang terkenal atau sukses ketika ditanyai tentang bagaimana mereka menjaga interaksi dengan keluarganya di tengah-tengah kesibukannya dalam bekerja ataupun bisnis? 

Mereka seringnya menjawab bahwa pertemuan ataupun interaksi dengan anggota keluarga menekankan bukan pada kuantitas atau seringnya pertemuan dengan anggota keluarganya, akan tetapi pada kualitas dari pertemuan dengan anggota keluarga tersebut.

Terus terang, saya dulu jadi kebingungan menterjemahkan bagaimana itu pertemuan dengan anggota keluarga yang berkualitas.
Apakah mereka membicarakan hal-hal yang berkualitas, yang serius, macam membicarakan masalah politik, ekonomi dan keuangan?
Ataukah dalam interanksi dengan anggota keluarga tersebut berlangsung dalam suasana yang serius, atau bagaimana..
Saya bingung sekali menterjemahkannya, hingga saya menganggap bahwa jawaban seperti itu adalah  jawaban yang default, jawaban yang klise, yang akan otomatis terucap dari seseorang yang super sibuk ketika ditanyai cara mereka mengatur waktu untuk keluarga.

Hingga kemudian saya berkeluarga dan mempunyai anak.
Dan mau tidak mau, saya juga mengalami bagaimana itu cara menjalin hubungan dengan anak-anak saya.
Dan kemudian terbersit lagi jawaban default dari para orang sukses perihal hubungan berkualitas dengan anggota keluarga yang mereka jalani.

Sambil jalan, learning by doing, saya menyempatkan waktu untuk bermain dengan anak saya, menemani mereka belajar, walau kadang senewen.
Saya sudah capek kerja dan harus menemani anak-anak kecil belajar ataupun bermain adalah sumbu pendek untuk marah-marah dan senewen tingkat tinggi.
Kemudian saya mengetahui dari istri saya, bahwa anak-anak saya sangat mengidolakan saya.
Thats so mengharukan sekali..
Kemudian saya mulai terfikirkan tentang idola dan orang yang di-idola-i.
Kemudian saya sampai pada suatu kesimpulan yang sederhana tentang jawaban default, jawaban klise dari orang sukses perihal kualitas dari pertemuan dengan anggota keluarga.
Hubungan yang berkualitas dalam keluarga adalah bagaimana saya bisa memberikan teladan dalam setiap interaksi dengan mereka.

Ya, saya harus jaim, saya harus memberi contoh bagaimana bersikap yang baik dengan orang lain, bagaimana saya menghabiskan waktu untuk kegiatan yang bermanfaat dan bagaimana saya memberi contoh dalam berbicara, bersikap dan lain-lain.

Tidak mungkin kan ketika saya bersama anak-anak saya kemudian saya hanya kelesat keleset males-malesan aja.
Mereka, anak-anak, melihat orang tuanya sebagai role model, sebagai contoh untuk mereka ikuti.

Dan saya sebagai orang tua juga kemudian merasa bersalah kalau sedang bersama mereka, saya malah asyik BBM an atau asyik main-main HP.
Saya jadi berfikir bahwa apa yang saya lakukan terhadap anak-anak saya saat ini adalah apa yang akan mereka lakukan juga kepada saya ketika saya sudah menjadi tua nanti.
Walau sebenarnya saya sangat tidak ingin menjadi tua dan sakit-sakitan..
Tentunya akan sangat terasa menyakitkan, ketika saya sudah tua dan sedang terbaring sakit nanti, ketika saya sedang ingin mengobrol dengan anak saya, ternyata mereka malah asyik dengan gadget mereka, mereka malah asyik BBM an ataupun up date status yang gak penting daripada memperhatikan saya – orang tuanya – yang sedang sakit.

Sekarang anak-anak saya masih kecil.
Saya kepingin bisa dekat dengan mereka fisically dan emotionally.

Saya masih bisa memeluk meluk mereka, dan merekapun masih mau saya peluk entah itu di rumah ataupun di tempat lain, tanpa rasa malu. Karena sebentar lagi, nantinya kalau mereka sudah beranjak ABG, tentunya mereka akan mulai merasa malu untuk dipeluk orang tuanya.
Saya akan menemani mereka mengobrol dan bercerita tentang sekolahnya, tentang teman sekolahnya, tentang teman mainnya, tentang segalanya, walau ceritanya kadang sangat mbulet. Sehingga nantinya kalau mereka beranjak gede, mereka juga masih tetap mau berbagi cerita kehidupannya.

Begitulah secara sederhana saya menterjemahkan bagaimana itu hubungan yang berkualitas dengan anggota keluarga.

10 comments:

Dunia Ely said...

Keren Inchs postingannya, inspiratif

21inchs said...

terima kasih mbak..
semoga bisa menginspirasikannya..

Idah Ceris said...

Lho, bisa snewen juga ya, Mas? :D
Kalau udah ABG nanti, paling jalan bareng terus gandengan tangan sama Bapak. Saya gitu, sih. :D

21inchs said...


senewen tingkat tinggi kalau gak disabar-sabar-in ati kita..

itu kalau anaknya cewek bisa jd seperti itu..

Dunia Ely said...

Sami sami :)

Alid Abdul said...

Setiap kali dapat komentar dari 21inchs setiap kali juga terselip pikiran ketika baca alamatnya "21inchs" ah otak saya ngeres haha...

Kemudian mampir ke blognya, loh kok tampilannya sederhana. Yah simple is good sih, tapi halaman about juga gak ada hahaha.... rasanya gak sreg klo komentar gak tahu empunya blog :D

mas ato mbak kasih halaman about dong :D

Theme blognya diganti yg lebih menarik lagi dong hehehe *sekian saran dari orang ganteng yg sok tahu*

21inchs said...

hahahaa..
saya tdk tau dimana letaknya ngeresnya pada kata 21inchs..
andaipun saya coba mengereskan kata 21inchs, kayaknya juga gak sepanjang itu keuleus..
hahahaa..

iya, simple is good, dan saya suka dgn template ini, komposisi warnanya sangat bagus: cerah, calm, berani, dan komposisionist..

panggil kakak aja..
#sokimut

terima kasih sekali akhirnya dikunjungi juga oleh traveler yg sdh keliling dunia yg ngguanteng sekali..

Ciput Mardianto said...

Pencerahan sekali. ini aufklarung bagi orang yang belum terjun langsung...

@Adibriza said...

tak jarang aku berkumpul dengan keluarga ketika hari libur dan makan bareng semuanya satu nampan antara aku, ibu bapak dan adekku. kalo hari raya berkumpul dengan kakak-kakakku juga kami pasti kumpul dan rembukan bareng tentang persoalan keluarga dan agenda-agenda keluarga kedepannya, setelah itu makan bareng lesehan di rumah, buat ayam panggang, pecel dan lain2. dimakan bareng dan sebelumnya dipimpin doa oleh ayah..

21inchs said...

ciput
terima kasih, semoga tercerahkan dan ter-aufklarung-kan..

adib
wah mantap sekali..

About Me

My photo
Saya lahir di kota suci di jalur pantura, kota kretek, kota Kudus. Lahir dan besar disana, kemudian menuntut ilmu di malang dan kemudian numpang tinggal di Depok, kota pinggiran Jakarta, dan mencari nafkah di Depok dan Jakarta ibukota Indonesia