Saturday, March 9, 2019

BAGAIMANA KAMU MEMPERLAKUKAN KAMAR MANDIMU?

Mungkin sangat boleh jadi satu tempat yang paling sering saya bersihkan, yang saya pedulikan di dalam rumah saya adalah kamar mandi.

Entah apakah ini ada hubungannya dengan suatu pepatah bahwasanya kamar mandi itu menggambarkan bagaimana keadaan rumah pemiliknya. Apabila kamar mandinya bersih maka keseluruhan rumah juga bersih. Dan sebaliknya, apabila kamar mandi suatu rumah itu kotor dan jorok, maka bisa dipastikan bahwa keadaan kebersihan rumah tersebut perlu dipertanyakan.

Mungkin dan sangat boleh jadi di alam bawah sadar saya sudah terpatri pepatah itu.
Mungkin bisa jadi itu alasan pertama mengapa saya sering membersihkan kamar mandi.

Alasan kedua yang juga tidak kalah kurang masuk akalnya adalah bahwasanya kamar mandi adalah suatu tempat yang mempunyai ukuran kecil, sehingga saya bisa dengan mudah dan cepat membersihkannya. Tidak perlu banyak waktu untuk membersihkannya. Kamar mandi di rumah saya hanya berukuran satu setengah kali satu setengah meter saja. Hanya berisi ember besar sebagai pengganti bak mandi, kloset jongkok, rak sabun, dan tempat sabun cair.

Waktu di kamar mandi adalah suatu waktu yang sangat personal, sangat privasi dan sangat me time. Dan di kamar mandi adalah selalu terasa segar, karena dekat dengan unsur air.

Karena kamar tidur, Karena ruang tamu dan dapur sangat berisi banyak barang yang sangat komplikated yang susah sekali untuk diatur kalau mau dibersihkan. Dan karena kamar mandi adalah waktu kesendirian yang mana saya mempunyai waktu dan ruang sendiri untuk bekerja. Hal yang tidak bisa saya dapatkan ketika saya bekerja membersihkan ruangan lain.

Atau bisa juga karena suatu hal bentuk ke-putus asa-an. Karena membersihkan ruangan lain adalah sangat ribet sehingga rumah terlihat berantakan dan tentunya saya tidak mau hal itu menjadi suatu gambaran umum tentang rumah tempat tinggal. Harus ada satu hal yang bisa dibanggakan dari keseluruhan bangunan yang bernama rumah. Dan itu adalah kamar mandi.

Dan apakah juga ketika ada tamu yang masuk kamar mandi dan mengagumi kebersihan dan kewangiannnya kemudian tamu itu bisa langsung menyimpulkan bahwa keadaan rumah juga bersih dan wangi?
Tidak juga seperti itu.

Suatu hal yang mungkin bisa dijadikan acuan akan keadaan psikologi dari seseorang.
Ini adalah menjadi ciri khas seseorang yang terobsesi dengan menelisik untuk mengetahui keadaan seseorang dengan apapun petunjuk ataupun instrument yang bisa digunakan untuk melakukan penilaian atas seseorang.
Seperti halnya psikotest ketika proses melamar pekerjaan.

Pertanyaan pertanyaan yang membingungkan yang diajukan untuk dikerjakan oleh seseorang, dengan maksud untuk mengetahui attitude ataupun karakter seseorang.
Suatu tahapan lamaran pekerjaan yang selalu saya tidak sukai, yang selalu saya gagal.

Dan apakah memang benar suatu psikotest bisa digunakan untuk melakukan penilaian akan karakter seseorang yang mana hal itu akan menggambarkan bahwa seseorang itu layak untuk diterima bekerja atau tidak.
Bukan suatu hal yang penting, akan tetapi juga bukan suatu hal yang bisa diremehkan.

Seperti juga keadaan kamar mandi dalam suatu bangunan.

2 comments:

Clotee said...

Jujur saja, aku agak kelelahan mengurus kamar mandi sendirian. bagaimana tidak, padahal hanya 1 kamar mandi tetapi dipakai 4 orang, dan hanya aku yang membersihkannya *lho kok jadi curhat, hehe*

Kalau aku sih tipsnya membersihkannya harus rutin setiap minggu sekali. Lalu pemilihan pembersih keramik juga wajib yg bagus dan tidak merusak. Jangan sampai klaim pembersih keramik tidak rusak tapi ternyata merusak nat.

Blog Olahraga Indonesia said...

Kalau saya biasanya selalu menguras bak mandi kamar mandir dalam 2-3 hari sekali. Paling paling telat sampai 5 hari misal ada kesibukan lain.

About Me

My photo
Saya lahir di kota suci di jalur pantura, kota kretek, kota Kudus. Lahir dan besar disana, kemudian menuntut ilmu di malang dan kemudian numpang tinggal di Depok, kota pinggiran Jakarta, dan mencari nafkah di Depok dan Jakarta ibukota Indonesia