Wednesday, December 10, 2014

PEMERIKSAAN KANKER SERVIKS DI PUSKESMAS



Kanker serviks adalah sejenis kanker yang menyerang rahim kaum perempuan. 
Kanker ini disebabkan oleh sejenis virus. 
Kanker jenis ini merupakan salah satu penyakit pembunuh nomor satu bagi perempuan, karena kadang kala gejalanya kurang bisa ditemukan dengan pasti, dan tau tau sudah terkena penyakit ini dengan stadium tinggi.

Beberapa gejala dari kanker serviks diantaranya adalah keluarnya darah setelah ’berhubungan’, rasa nyeri ketika pipis dan juga adanya darah yang ikut keluar di air pipis.

Untuk bisa mengurangi resiko terkena penyakit kanker serviks ini ada baiknya kaum perempuan, khususnya yang sudah ibu-ibu secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan rahimnya ataupun daerah kewanitaannya.

Salah satu pemeriksaan yang biasa dilakukan untuk mendeteksi penyakit kanker serviks adalah dengan melakukan pemeriksaan Pap Smear dan test IVA.
Jika didapati ada beberapa gejala kanker serviks, ada baiknya langsung buru-buru ke pusat kesehatan untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear atau test IVA.
Dan sekarang ini pemeriksaan Pap Smear tidak hanya bisa dilakukan di Rumah Sakit yang besar.
Di beberapa Puskesmas juga sudah ada yang bisa melakukan pemeriksaan Pap Smear ini.
Salah satunya adalah Puskesmas Tebet di Jakarta Selatan (Jakarta Selatan atau Jakarta Timur ya?), di jalan Supomo, belakang kantor kecamatan Tebet, deket pom bensin Shell.

Kalau Pap Smear di rumah sakit harganya mahal, sekitaran 250ribu dan ada juga yang 350ribu. Apalagi kalau di (perusahaan) rumah sakit swasta, wah bisa berjut-jut harganya.
Tetapi kalau di Puskesmas Tebet biaya untuk pemeriksaan Pap Smear relatif murah, sekitaran 75ribu rupiah saja.
Kalau test IVA malah lebih murah lagi, hanya 5ribu rupiah saja.
Iya lima ribu rupiah saja, dan hasilnya bisa langsung diketahui hari itu juga, saat itu juga.
Sedangkan kalau test Pap Smear hasilnya baru bisa diketahui sekitar satu bulan kemudian, karena hasil dari test Pap Smear harus dikirim ke lab Yayasan Kanker Indonesia terlebih dahulu untuk diteliti, untuk bisa mengetahui ada atau tidaknya penyakit kanker serviks-nya.

Test Pap Smear ataupun test IVA ini sebaiknya dilakukan setiap tahun sekali, sehingga bisa meminimalisir terjangkitnya penyakit kanker serviks ataupun penyakit lainnya.

4 comments:

danirachmat.com said...

Wah baru tahu pap smear bisa dilakukan di puskesmas juga. Info penting ini. Semoga banyak yang tahu dan memanfaatkannya ya.

21inchs said...


iya pak, tapi tidak semua puskesmas, kalo puskesmas tebet emang sdh kayak rumah sakit, dan sdh terakreditasi, sdh ISO.

iya pak, semoga banyak bisa menginformasikan kepada yg membutuhkannya..

Dunia Ely said...

Keren ya Inchs jika bisa dilakukan testnya di puskesmas

21inchs said...


iya emang seharusnya sih seperti itu mbak, jadi orang kismin tetap bisa juga mendapat pelayanan kesehatan dgn mudah dan murah, soalnya masalah kesehatan kan termasuk masalah yg vital..

About Me

My photo
Saya lahir di kota suci di jalur pantura, kota kretek, kota Kudus. Lahir dan besar disana, kemudian menuntut ilmu di malang dan kemudian numpang tinggal di Depok, kota pinggiran Jakarta, dan mencari nafkah di Depok dan Jakarta ibukota Indonesia