Friday, February 8, 2019

MENDIDIK ANAK DI ERA CYBER

Dan berikut ini adalah poin poin dari materi pengajian tentang parenting pengasuhan anak yang diasuh oleh ustadz Bendri. 
Seorang ustadz yang mengkhususkan diri pada ceramah tentang parenting atau pendidikan anak, ustadz Bendri.

  • Kalau anak kita ngomongnya jelek atau jorok, itu berarti bahwa anak kita jarang diajak ke majelis ilmu. 
  • Bisa jadi omongan jelek atau jorok yang keluar dari mulut anak adalah hasil rekaman dari apa yang dilihat dan didengarnya di sekitar. Bisa jadi dari lingkungan terdekatnya (orang tua, sodara sodara) dan bisa juga dari lingkungan bermainnya atau tetangga.
  • Salah satu dari tugas orang tua adalah membuat anak menjadi anak yang tangguh. Sebagaimana termaktub di dalam al Qur’an surat 4 : 9.

Aspek aspek tangguh yang harus dimiliki oleh seorang anak meliputi :
1.      Tangguh dalam melewati ujian kesulitan. Kesulitan yang dimaksud disini bisa kesulitan dalam hal pelajaran di sekolah ataupun kesulitan yang di dapat di dalam kehidupan sehari hari.
2.      Tangguh dalam melewati ujian syahwat. Ini khusus buat anak yang beranjak baliq atau beranjak remaja dewasa.
3.   Tangguh dalam melewati ujian kemarahan/emosional. 
Dan jangan salah bahwasanya sikap pelit, egois dan suka membantah yang ada pada diri anak kecil itu sebenarnya adalah fitrah yang memang harus dimiliki orang seorang anak. Sikap pelit ini nantinya yang akan mengajarinya tentang makna kepemilikan/ownership. Sikap egois akan bisa menumbuhkan sikap percaya diri, tentunya sesuai dengan kadar ego yang masih relevan dan normal. Sikap membantah akan mengajari anak untuk bernai menolak.

No comments:

About Me

My photo
Saya lahir di kota suci di jalur pantura, kota kretek, kota Kudus. Lahir dan besar disana, kemudian menuntut ilmu di malang dan kemudian numpang tinggal di Depok, kota pinggiran Jakarta, dan mencari nafkah di Depok dan Jakarta ibukota Indonesia